Small Cute Grey Red Outline Pointer
Your IP is :
>
Speak Well :)


Maximum quality for Chrome
1366 x 768 screen resolution

Skin by Le Vans. xoxo
»Spongebob Squarepants
Selasa, 23 Agustus 2011

SpongeBob SquarePants

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SpongeBob SquarePants
SpongeBob SquarePants.gif
Menurut arah jaruh jam dari kiri atas: Sandy Cheeks, SpongeBob SquarePants, Patrick Star, Mr. Krabs, Squidward Tentacles, dan Sheldon Plankton
Format Animasi komedi
Pembuat Stephen Hillenburg
Pemeran Tom Kenny
Bill Fagerbakke
Rodger Bumpass
Carolyn Lawrence
Clancy Brown
Lori Alan
Mary Jo Catlett
Doug Lawrence
Dee Bradley Baker
Sirena Irwin
Jill Talley
Negara  Amerika Serikat
Jumlah episode 292 (total) 152 (penuh)
Produksi
Lama waktu 30/11 menit
Siaran
Saluran asli Nickelodeon
Pertama tayang 1 Mei, 1999–sekarang
Pranala luar
Situs resmi
Profil IMDb
Ringkasan TV.com
SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial film animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaan beliau, United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini ditayangkan di Malaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.
Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang TvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom.


Latar

Bikini Bottom
SpongeBob SquarePants ialah seekor spons yang tinggal dalam sebuah rumah nanas dalam laut di kota Bikini Bottom, manakala tetanggannya Squidward Tentacles ialah seekor gurita yang tinggal dalam rumah moai. Tetangga SpongeBob yang lain dan teman akrabnya, Patrick Star seekor bintang laut merah muda, tinggal di bawah sebuah batu. Rumah Squidward terletak di antara rumah Spongebob dan rumah Patrick, dan inilah yang meresahkan Squidward.
SpongeBob dan kawan-kawannya tinggal di kota Bikini Bottom dalam lautan Pasifik. Bikini Bottom dilihatkan sebagai sebuah kota biasa dengan pusat kota, pinggir kota, kawasan pantai, lapangan terbang, rangkaian bunga laut dan taman hiburan sendiri. Stephen Hillenburg pernah berkata bahawa Bikini Bottom direka lebih kurang berdasarkan kota Seattle, Washington.
Hewan peliharaan SpongeBob ialah seekor siput laut bernama Gary, yang "mengeong" seperti kucing. Meskipun tidak banyak berbicara (kecuali dalam beberapa episode), watak-watak lain kelihatan mampu memahaminya. Tambahan pula, cacing laut menyalak seperti anjing dan dirantai. Ubur-ubur disamakan dengan lebah; bunyi desas-desus, sengatan bisa (tetapi kelihatan seperti kejutan elektrik), dan menghasilkan "jeli" yang lezat, memperolok-olok nama "jellyfish" sambil membandingkan jeli dengan madu lebah. Ikan berperan sebagai warga kota tetapi tidak dijadikan tokoh penting.
SpongeBob SquarePants yang penyerap, kuning, dan berlubang ini, bekerja sebagai juru masak di Krusty Krab, sebuah restoran makanan cepat saji, dimana Squidward juga bekerja sebagai kasir. Krusty Krab dimiliki Eugene H. Krabs (Mr. Krabs). Sheldon J. Plankton adalah musuh bebuyutan Krabs yang memiliki sebuah restoran makanan cepat saji bertaraf rendah bernama Chum Bucket yang terletak berhadapan Krusty Krab. Chum Bucket seolah-olah tidak pernah dikunjungi pelanggan, dan Plankton meluangkan kebanyakan waktunya untuk merancang peralatan untuk mencuri resep burger Krabby Patty milik Mr. Krabs. Plankton hanya berhasil mencuri resep itu dalam The SpongeBob SquarePants Movie; formulanya tidak pernah diperlihatkan kepada penonton. Istri komputer Plankton, Karen, kadang-kala membantunya dalam rancangan jahatnya atau bertengkar dengannya.
Satu lagi kawan SpongeBob ialah Sandy Cheeks, seekor tupai yang berasal dari Texas dan tinggal di dalam kubah anti-air di Bikini Bottom. Dia diantar ke dalam lautan oleh majikan-majikannya yang berupa simpanse. Ketika di luar kubahnya, dia memakai baju seperti Astronot.
Penduduk Bikini Bottom mengendarai kapal seolah-olah mobil. SpongeBob masih belajar dalam sekolah mengemudi setelah sering sekali gagal dalam ujian mengemudi (ada 2 versi tentang ketidaklulusan ini, yaitu 58 kali (menurut episode "Drive to Tears") dan 1.000.006 kali (menurut episode "Mrs.Puff,you Fired")). Setiap pergerakan menghasilkan gelembung untuk mengingkatkan penonton bahawa cerita ini berlatarkan lautan. Namun begitu, terdapat babak-babak di mana terdapat selapisan air yang berasingan daripada air lautan (seperti adanya pantai) dan api bisa dinyalakan dalam lautan.

Watak

Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berperilaku sebagai kucing.
Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut; dan tetangga yang selalu memusuhinya Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet.
Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun.
Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.

Tokoh

Tempat dalam seri SpongeBob

Produk dalam serial Spongebob

Binatang yang ada di Bikini Bottom

Produksi

SpongeBob Squareants pada awalnya digunakan sebagai animasi tradisional pada musim pertamanya.[1] Dan selanjutnya, proses yang lebih lanjut dari cat dan tinta digital digunakan dari musim yang kedua dan sampai seterusnya.[1]

Staff

Direktur dan penulis Dan Povenmire yang menggantikan Hillenburg di Rocko's Modern Life.[2]
Beberapa anggota asli Spongebob sebelumnya bekerja dengan Hillenburg terpasang Rocko's Modern Life, termasuk Dan Povenmire.

Para Aktor

Tom Kenny merupakan pengisi suara SpongeBob SquarePants,[3] binatang kesayangannya Gary, Seorang Narator yang berasal dari Prancis, Patchy si bajak laut, dan Harold SquarePants.
Bill Fagerbakke menjadi pengisi suara Patrick.
Clancy Brown menjadi pengisi suara Mr. Krabs.
Rodger Bummpas menjadi pengisi suara Squidward
Doug Lawrence menjadi pengisi suara Plankton dan Larry Lobster
Carolyvn Lawreance menjadi pengisi suara Sandy
Dee Bradley Baker menjadi pengisi suara Bubble Bass, Squiliam Fancyson, kakek Mr. Krabs Grandpa RedBeard, Goerge the Zebra, What Zit Tooya, dan Le Spatula
Lori Alan menjadi pengisi suara anak Mr. Krabs, Pearl Krabs.
Stephen Hillenburg yang juga pembuat film SpongeBob SquarePants menjadi pengisi suara Potty
John Di Maggio menjadi pengisi suara BlackJack SquarePants
Mary Jo Catlett menjadi pengisi suara Mrs. Puff
Jill Talley menjadi pengisi suara Karen
Sirena Irwin menjadi pengisi suara Mrs. SquarePants dan Mama Krabs
Garnett Sailor menjadi pengisi suara Uncle Kevin Lawn
Brian Doyle-Murray menjadi pengisi suara Flying Dutchman
Christopher Guest menjadi pengisi suara Stanley S. SquarePants

Popularitas

SpongeBob SquarePants merupakan satu-satunya kartun untuk memasuki senarai 10 Teratas secara konsisten dalam pemeringkatan Nielsen, dan menurut pihak Nickelodeon, Nickelodeon cartoon "berbujet rendah" pertama yang menjadi amat popular. Kartun berbujet rendah tidak banyak meraih penghargaan sebanyak rancangan berbujet tinggi seperti Rugrats, namun semenjak muncul di kaca TV pada tahun 1999, SpongeBob meraih bilangan penonton yang cukup dalam peringkatan agar dianggap popular, maka menjadi lebih popular berbanding Rugrats. SpongeBob mengikuti rancangan Nickelodeon lain yang menarik penonton lebih "matang": The Ren & Stimpy Show, Rocko's Modern Life, skit-skit Kablam!, Action League Now! dan The Angry Beavers. Rancangan-rancangan lain turut mengikuti trend ini: Invader Zim dan The Fairly OddParents meraih bilangan peminat yang serupa pada tahun 2001, dan OddPatents hanya di tempat kedua selepas SpongeBob dari segi kelarisan, manakala Zim menarik pengikutan kultus[rujukan?]. Rancangan ini mula pada tahun 1999, dan ketika itu, Pokémon masih menjadi kegilaan yang terbesar. SpongeBob tidak meningkatkan popularitinya sehingga tahun 2000, dan semenjak itu kekal popular sehingga ke hari ini. SpongeBob dimumkan akan memproduksi musim ke-9 yang membuat mereka menjadi seri Nickelodeon pertama yang melewati angka 200 jumlah episodenya karena musim ini menaikkan jumlah episodenya menjadi 204.[4]

Tarikan meluas

SpongeBob adalah salah satu daripada banyak seri kartun yang direka untuk menarik penonton dewasa dan kanak-kanak. Ini mungkin banyak berkaitan dengan gambaran kehidupan dan keadaan dalam air yang aneh, dan penggunaan situasi, sentuhan dan istilah yang sukar difahami penonton yang lebih muda. Terdapat juga senario ironis rumit yang memerlukan perhatian teliti.
Sebahagian tarikan rancangan ini berkait rapat dengan sifat kekanak-kanakan SpongeBob dan sahabat karibnya, Patrick Star, yang kedua-duanya berusia dewasa tetapi menunjukkan sifat kelurusan kanak-kanak manusia. Namun, tokoh-tokoh ini tidak terkecuali daripada kegiatan yang lebih bersifat dewasa, seperti kepujanggan rock dalam persembahan stadium, atau Patrick meminta SpongeBob beranak lagi setelah mengambil seekor kapis bayi di bawah jagaan mereka.
Rancangan ini menjadi popular dengan penonton remaja dan dewasa sehingga seri ini disiarkan di MTV dan ditampilkan dalam Spike TV. The SpongeBob SquarePants Movie yang dikeluarkan pada 19 November 2004, menyaksikan penampilan istimewa oleh David Hasselhoff, dalam satu babak ajukan peranan beliau dari seri TV Baywatch.

Penghargaan

Di bawah ini adalah penghargaan-penghargaan yang pernah diraih kartun SpongeBob SquarePants:
Anugerah Annie
Terbitan Televiysen Animasi Terbaik (2005)
Pengarangan Terbaik dalam Terbitan Televisyen Animasi (2006)
Kids' Choice Awards
Kartun Terbaik (2003, 2004, 2005, 2006, 2007)
Television Critics Association Awards
Pencapaian Cemerlang dalam Rancangan Kanak-kanak (2002)
Indonesian Kids Choice Awards
Kartun Terbaik (2008, 2009) 
 
Film

Film TV

Tayangan singkat

  • Astrology With Squidward
  • Patrick the Snowman
  • Plankton's Holiday Hits
  • How The You-Know-Who Stole You-Know-What!
  • 12 Days of Nickmas
  • The Endless Summer[5]
  • A Random Act of SpongeBob

Musik

Lagu tema

Lagu / musik lain

  • Lagu-lagu lain biasanya dinyanyikan oleh karakter-karakter di seri. Seperti lagu "Sweet Victory" (Band Squidward), "Twinkle, Twinkle, Patrick Star" (Patrick), dll.
  • Beberapa lagu dinyanyikan oleh orang yang jarang muncul dan suaranya yang biasanya muncul. Seperti lagu "Loo de Poop" (Ween), "That's What Friend Do" (Chris von Sneidern), dll.
 
NB:sebelumnya ini copas dari wikipedia bahasa indonesia pasti udh pada tau semua kan... 

Label:

words spilled @ 15.15 / leave goosebumps here